Nyongkolan : Adat Lombok Yang Tak Termakan waktu

Diposkan oleh Edy Kurniawan on Kamis, 13 Januari 2011

Bookmark and Share
Jika sebelumnya saya pernah memposting artikel yang berjudul Cidomo : Alat Transportasi Lombok Yang Tertepikan, Kali ini saya akan share lagi satu dari sekian banyak adat masyarakat Lombok dalam artikel Nyongkolan : Adat Lombok Yang Tak Termakan Waktu.
Adat masyarakat Lombok yang satu ini tak pernah termakan waktu meskipun perkembangan zaman semakin modern.

Nyongkolan dilakukan oleh masyarakat Lombok ketika ada salah satu dari warga kampung atau desa menikah, Biasanya waktu pelaksanaan Nyongkolan dilakukan setelah resepsi pernikahan selesai.
Prosesi nyongkolan ini diawali dengan berkunjungnya keluarga dari mempelai laki - laki ke keluarga mempelai perempuan, tujuannya adalah agar keluarga dari mempelai perempuan lebih dekat dan mengenal anggota keluarga mempelai laki - laki.

Yang menarik dari acara nyongkolan ini yaitu, ditampilkannya salah satu kesenian musik daerah Lombok yang bernama "Gendang Beleq" untuk mengiringi para peserta nyongkolan sehingga sering mengundang perhatian dari warga untuk larut dalam acara, Seperti suatu kewajiban "Gendang Beleq" selalu ada ketika nyongkolan berlangsung.

Satu hal lagi yang menarik dari nyongkolan ini yaitu adanya mitos atau kepercayaan masyarakat Lombok bahwa jika tidak nyongkolan setelah prosesi pernikahan degelar maka rumah tangga tidak akan langgeng dan keturunan dari suami istri yang menikah tampa nyongkolan akan terlahir dalam keadaan cacat ( wah bahaya ne ).

Terlepas dari benar atau tidaknya mitos tentang nyongkolan ini, saya pribadi lewat artikel ini hanya ingin memberi dukungan untuk tetap menjaga kelestarian budaya daerah di Lombok secara khusus dan budaya daerah lain di Indonesia secara umum.

Ingat, zaman modern yang kita nikmati sekarang ini sesungguhnya berawal dari zaman atau masa tradisional nenek moyang kita dahulu yang tidak seharusnya kita lupakan ( setuju hehehe....).
Sorry sobat terlalu banyak celoteh, untuk posting kali ini saya rasa sudah cukup, untuk sobat semua yang sudah menyisihkan waktu membaca artikel bodoh ini saya ucapkan terima kasih banyak, semoga sukses dan salam blogger Indonesia.....
lintasberita

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

PERHATIAN...!!!
Bantu saya mengembangkan blog ini dengan memberikan komentar yang membangun. Mohon maaf, mulai saat ini komentar ANONIMOUS tidak akan saya tampilkan bahkan akan saya hapus, Begitu juga komentar yang berbau SPAM. Terima kasih...!!!